Warung Bebas

Jumat, 16 September 2011

Apa yang Perlu di perhatikan saat memilih kucing yang akan di Beli?


Halaman 5
oleh : Cacang Effendi


"Pak, saya mencari kucing yang masih kecil agar saya bisa mendidik nya sesuai dengan keinginan saya ?"



Sampai saat ini saya belum punya pengetahuan bagaimana mendidik kucing2 saya, yang saya bisa rubah adalah kebiasaan / habit kucing, bila ada kursus bagaimana mendidik kucing sayapun ingin ikut.
Berbeda dengan Anjing, kucing adalah hewan soliter, kucing mempunyai karakter feminin, tidak bisa diperlakukan dengan kasar, seperti membentak atau memukul, semakin anda kasar semakin jauh kucing tersebut dari kita,
kata2 halus dan perlakuan halus  yang membuat kucing percaya terhadap kita akan mempercepat kedekatan hubungan  dengan kucing kita .
Seperti pada halaman sebelumnya , pada saat kita memilih kucing yang akan kita adopsi/ beli,  tentukan prioritas utama anda, apakah karakter, profile, warna, Harga, umur atau lainnya.

- Bila anda mencari kucing untuk teman bermain/ pet quality.
1. Jadikan karakter sebagai prioritas utama anda carilah kucing yang berkarakter baik seperti senang bermain, berani, dekat dengan manusia, tidak pernah mencakar atau menggigit pada saat dimandikan atau ketakutan. Untuk mengetahui karakter kucing, tanyakan ke breedernya atau langsung berinteraksi dengan kucingnya dengan mengunjungi tempat penjualnya.
2. Warna yang anda sukai.apakah solid , tabby atau Bicolor
3. harga : bila ada pilihan tentunya cari harga yang termurah.
4. Umur : Memang kucing kecil terlihat lucu dan menggemaskan , tetapi kucing kecil akan dapat berubah sifat menjadi galak dan suka menggigit pada saat dia Dewasa. sedangkan bila kucing dewasa sudah stabil karakternya

- Untuk ternak
1. lihat profile dari kucing yang yang anda akan beli, bila anda mempunyai program untuk memperbaiki mata pada keturunan kucing anda, carilah kucing yang bermata besar sehingga ada kemungkinan anak dari bibit ini mempunyai mata yang besar, begitu juga bila anda membutuhkan kuping kecil untuk memperbaiki keturunan kucing anda , carilah yang ber kuping kecil, jadi semua tergantung kebutuhan anda.
2. umur : makin dewasa makin cepat kucing anda mempunyai keturunan. Untuk kucing yang pernah melahirkan , lihat atau tanyakan ke breedernya apakah pernah cesar/ kesulitan dalam melahirkan, apakah induknya pintar merawat anak, apakah produksi susunya banyak, bila mungkin lihat kondisi anak2 yang di lahirkannya.
3. tanyakan kan apakah kucing tersebut keturunan dari induk yang bebas dari penyakit keturunan misalnya Pkd Dna untuk kucing persia atau HCM negatif unyuk kucing Maine coon dan lain2.
4. Harga  : makin murah tentunya makin menguntungkan untuk anda


Untuk Show
1. lihat profilenya apakah sesuai standar dari ras nya.
2. lihat habit kucing apakah interaktif, tidak penakut. bagaimana kebiasaan makan dan minum kucing, hal ini sangat penting untuk kucing berwarna terang, tetapi jorok, suka menjilat-jilat kaki, makan dengan mencelupkan mukanya ke makanan, akan susah sekali untuk merawat bulunya agar tetap terlihat bersih, tentunya sulit untk menang bila kucing terlihat kotor, begitu juga untuk kucing penakut.
3. Umur : tergantung rencana anda , bila anda akan menshowkan kucing sejak kecil belilah kucing kitten ( 4 - 8 Bulan, bila anda ingin mengejar title /gelar, Carilah kucing yang berumur 8 bulan keatas. kucing terlihat cantik dan stabil perkembangannya pada saat berumur 8 bulan keatas, banyak kucing yang sukses di show pada saat kitten ( dibawah 8 bulan) tetapi pada saat dewasa malah tidak dapat penghargaan apaun, begitu juga ada kucing yang waktu kitten prestasinya jelek, tetapi pada saat dewasa prestasinya bagus.



Selain Kriteria diatas, Tentunya yang paling penting dari semua nya adalah Apakah kucing yang anda beli sehat.

1. Ajak bermain apakah kucing itu lincah.
2. lihat mata apakah matanya terlihat segar.
3.lihat bulunya apakah terlihat segar atau kusam
4. lihat anusnya apakah ada bekas mencret.
5. coba kasih makan, apakah dia suka makan.
6, Periksa punggung dengan tangan , bila terasa tulang menonjol berarti kucing itu kurus.
7. Raba semua badan, bila terasa banyak kerak artinya kucing itu kemungkinan terkena jamur.
8. tanyakan riwayat kesehatan kucing.
9. lihat surat kesehatan orang tuanya apakah bebas dari penyakit genetik.

Hal diatas adalah cara yang paling ideal untuk mendapatkan kucing terbaik bagi kita, tetapi kesemuanya kembali tergantung pada keputusan anda sendiri.

Bila anda membaca dari halaman perkenalan akan lebih berurutan ceritanya.

Bila anda ingin berdiskusi "Sukses Beternak Kucing Ras" di FB begabunglah di group : http://www.facebook.com/groups/302144356550322/
Peternakan kucing Persia & Exotic www.chandracattery.com
Peternakan kucing Maine coon www.brightlunar.webs.com

0 komentar em “Apa yang Perlu di perhatikan saat memilih kucing yang akan di Beli?”

Posting Komentar

 

MAJU JAYA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger