Warung Bebas

Minggu, 18 September 2011

Memilih Indukan yang baik.



Halaman 9
oleh : Cacang Effendi




"Bibit yang bagus menghasilkan buah yang bagus"



Bila anda ingin menjadi breeder yang sukses , yang paling utama adalah mempunyai indukan yang berkwalitas baik Jantan atau Betinanya, jadi salah pendapat yang mengatakan bahwa hanya jantan atau betina  saja  sudah cukup, harus keduanya ber kwalitas.

Kriteria umum Indukan  kucing  yang baik untuk ternak  adalah sebagai Berikut :

- Kucing harus berkwalitas atau sesuai dengan standart ras, cara mudah untuk mengetahui kucing berkwalitas adalah melihat gelar/ title yang disandang oleh kucing tersebut, misalnya : Title Grand Champion artinya kucing tersebut telah menang dari 200 champion bila bertanding di USA atau 75 Champion di Asia/latin America, apalagi bila di tambah gelar Divisional winner atau Regional winner artinya kucing tersebut termasuk 25 kucing terbaik di regionnya, dan yang tertinggi adalah  Title National winner yang berarti termasuk kedalam 25 terbaik di Dunia, Karena dengan mendapatkan gelar tersebut artinya Kucing tersebut telah di kontrol oleh Juri . Tentunya semua tergantung budget anda , makin tinggi title yang didapat, makin susah dicari dan makin tinggi harganya.

- Umur kucing di atas setahun, baik juga bila kucing tersebut sudah "Proven", untuk Jantan arti Proven adalah terbukti bisa menghamili betina., sedangkan untuk betina artinya  sudah melahirkan anak yang bagus , tidak bermasalah sewaktu melahirkan, menyusui dengan baik dan merawat anaknya dengan baik.

- Sehat secara fisik dan bebas dari penyakit keturunan seperti HCM (Jantung) untuk kucing maine Coon atau PKD DNA (ginjal) untuk kucing Persia atau Exotic. serta bebas dari penyakit menular seperti FIP atau FELV

- Mempunyai golongan darah sejenis.

- Mempunyai silsilah atau pedigree yang baik.

- Perkawinan Harus dari ras yang sejenis, kecuali bila di Izinkan oleh organisasi induk anda , misalnya di CFA kucing Scottish Fold boleh di kawinkan dengan British SH atau America shorthair, tujuannya untuk menambah gene pool. karena masih terbatasnya kucing scottish fold.

- Lihat aturan breeding di organisasi anda, sebagi contoh di CFA
Perkawinan kucing Scottish fold : yang di izinkan adalah perkawinan antara scottish fold berkuping folded (terlipat) dengan pasangan yang berkuping straight (berdiri) karena perkawinan abtara sesama scottish fold kuping folded (melipat) akan menyebabkan cacat genetik.

- Hindari Inbreeding;  perkawinan antara bapak dengan anak, ibu dengan anak, kakak adik, saudara satu bapak lain ibu, atau saudara satu ibu lain bapak Hal ini untuk menghindari genetik jelek yang mungkin timbul.

Di dalam mencari indukan sebaiknya anda mempunyai program/ tujuan, misalnya bila kucing persia anda kupingnya terlalu tinggi , carilah lawan jenisnya yang berkuping kecil sehingga kemungkinan anakan yang dihasil kan mempunyai kwalitas kuping yang lebih baik

Bila anda membaca dari halaman perkenalan akan lebih berurutan ceritanya.
Bila anda ingin berdiskusi "Sukses Beternak Kucing Ras" di FB begabunglah di group : http://www.facebook.com/groups/302144356550322/
Kucing Scotish fold : http://www.chandrafold.webs.com/


0 komentar em “Memilih Indukan yang baik.”

Posting Komentar

 

MAJU JAYA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger