Warung Bebas

Sabtu, 17 September 2011

Persiapan yang di perlukan sebelum kucing datang


Halaman 6
oleh : Cacang Effendi



" Saya sudah beli kucing, apa saja yang Perlu di persiapkan sebelum kucing datang ?"

- Tempat Tinggal Kucing.
Tempat tinggal Kucing dapat berupa sebuah ruangan/kamar khusus atau kandang tempat dimana kucing mempunyai privacy, walaupun kucing dapat tinggal bersama anda atau di ruang tamu anda, tetapi tempat khusus /kandang di perlukan   untuk rumah pribadi mereka, di tempat itu di taruh segala keperluan kucing misalnya tempat minum, tempat makan, tempat buang air, jadi dengan adanya tempat khusus mereka, kucing akan tahu dimana mereka akan bertempat pada saat ketakutan/berlindung , haus , lapar dan buang air.
Contoh bentuk kandang dapat di lihat di http://sacpet.webs.com/kandangimport.htm
Saya sendiri lebih menyukai ruangan / kamar khusus kucing , didalam kamar tersebut saya buat sekat dari almunium kaca, berukuran 1,5 X 1,5 dengan tinggi kaca 1,5 mt. untuk setiap kucing, jumlah ruangan kucing tergantung besarnya ruangan/ kamar yang tersedia,
dalam kamar 3 X 4 mt, saya bisa membuat 4 ruangan khusus kucing dengan jalan selebar 1 mt setiap ruangan kucing mempunyai pintu tersendiri., di kamar itu disediakan AC 1/2 PK, dan wall/Ceiling exhaust van untuk membuang hawa bau/ mengganti udara baru, AC berjalan 24 jam.

                     
2. Jangan Lupa , tempat makan,tempat minum, tempat buang air, pasir kucing, sisir, gunting kuku semua bisa di temukan di pet shop terdekat , gambar dapat dilihat di : http://sacpet.webs.com/perlengkapanpet.htm

3. Makanan kucing, tanyalah breeder merk makanan yang biasa di pakai breeder, sediakan makanan tersebut pada saat pertama kucing itu tinggal di Rumah anda, bila mau mengganti makanan lakukan dengan perlahan misalnya 3 hari pertama 3/4 makanan lama 1/4 makanan baru, 3 hari kedua 1/2 makanan lama/1/2 makanan baru, 3 hari ke tiga 1/4 makanan lama 3/4 makanan baru, 3 hari ke empat anda bisa menggunakan makan baru semuanya. jadi diperlukan waktu 12 hari untuk perubahan , hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya mencret karena kucing sangat sensitif pada perubahan makanan.

4. Tempat minum ada 2 jenis, yang berbentuk seperti wadah atau botol, bila kucing anda cara minumnya membasahi muka dan dada, minum melalui botol bisa di Coba. untuk membiasakan minum melalui botol oleskan bola yang ada pada botol minuman dengan gel atau makanan basah favorit kucing anda, tujuannya adalah agar kucing anda mengetahui tempat sumber air, bila dia menjilat bola botol minum akan keluar air, dan kucing andapun akan tahu di mana sumber air bila haus. perubahan ini agak lama, bersabarlah bisa 24 jam kucing tidak minum pada saat pertama perubahan, tetapi bila nanti kucing benar2 haus dia akan mencari sumber air.

5. Cat Toys : mainan untuk kucing perlu disediakan untuk mengajak bermain kucing anda dapat berupa Teaser, tempat garukan, bola dll , semua tersedia di pet shop.beberapa contoh dapat  dilihat di http://sacpet.webs.com/pettoys.htm , Tujuan mengajak main kucing adalah untuk mempercepat masa adaptasi kucing anda, dengan rutin mengajak main, kucing akan lebih cepat beradaptasi.


6. Sediakan obat P3K pada kucing seperti Betadine untuk luka, Scourban untuk Mencret dan amoksilin cair untuk gejala flu/bersin.

Bila anda membaca dari halaman perkenalan akan lebih berurutan ceritanya.
Bila anda ingin berdiskusi "Sukses Beternak Kucing Ras" di FB begabunglah di group : http://www.facebook.com/groups/302144356550322/
Peternakan kucing Persia & Exotic www.chandracattery.com
Peternakan kucing Maine coon www.brightlunar.webs.com

0 komentar em “Persiapan yang di perlukan sebelum kucing datang”

Posting Komentar

 

MAJU JAYA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger