Warung Bebas

Sabtu, 17 September 2011

Dimana tempat untuk membeli Kucing ?


Halaman 7
oleh : Cacang Effendi


Jika anda masuk ke Google atau Yahoo , ketik nama ras kucing dan search , ribuan informasi akan anda dapatkan tentang alamat website penjual kucing, atau anda bisa cari di Face Book,  Kaskus , Toko bagus dll. Dunia maya sangat memudahkan kita untuk mencari informasi, sangat berbeda dengan masa lalu, Tetapi tetap ber hati- hati karena banyak juga terjadi penipuan secara online.



Untuk itu ada beberapa tips untuk tempat membeli Kucing.

1. Bila anda mencari kucing berkwalitas pet , sebaiknya cari di daerah sekitar anda ber domisili karena anda dapat mengecek kesehatan, sifat dan dapat  ber interaksi langsung dengan kucing yang akan anda beli, selain itu andapun tidak perlu membayar biaya kirim,  kecuali anda tidak menemui apa yang anda cari di daerah anda atau harga kucing ditambah biaya kirim di daerah anda jauh lebih tinggi.
Untuk kucing pet umumnya breeder Luar negeri pun hanya menjual untuk pasar domestik mereka. Dan telah di Kebiri. Sebagaimana pada halaman sebelumnya, tujuan dari memelihara kucing pet adalah untuk teman bermain, jadi tidak ada gunanya nya anda mengimport kucing pet dari luar  Negeri.
Bila anda mencari kucing pet dari cattery besar di indonesia, hubungi langsung breedernya dan tanyakan ketersediaan stock kucing pet Mereka, pada umumnya cattery besar jarang mempunyai stok tetapi kadang merekapun melepas kucing yang mempunyai keturunan bagus sebagai pet, tentunya bila anda mendapat kucing pet dari cattery lebih baik karena anda bisa tahu sejarah perkembangan dan kesehatan  kucing itu dari kecil .

2. Bila anda mencari kucing berkwalitas Breed / Show Quality, anda bisa mencarinya dari cattery/peternak kucing  di Indonesia atau Luar negeri, tentunya tergantung budget anda.

Membeli kucing dari peternak di Indonesia.

- Peternak Kucing di Indonesia ada yang berafiliasi ke ICA/Fife, CFA di Amerika dan TICA di Amerika, jadi tentukan kemana anda ingin bergabung dan belilah kucing dari Cattery dimana anda ingin  berafiliasi.

Perbedaan antara ICA, CFA dan Tica yang saya tahu.
                                                                      CFA                 ICA                     TICA
Organisasi terbesar Dunia                                  1                       3                           2

Organisasi terbesar di Indonesia                         2                      1                           3

Untuk menjadi cattery
- minimum jml  kucing pedigree yang di miliki     0                        3                          0
- Harus ikut Diklat                                             No                     yes                       No

Bila anda belum jadi cattery
- kucing pedigree melahirkan anaknya     dpt ped      tidak dpt              dpt ped

Pendaftaran anakan                      Online/mail         mail                     online/mail

Bahasa yg digunakan                             English               Indonesia              English

Peserta Show                                        terbuka             hanya ICA             terbuka

Perbandingan diatas hanya dari pengetahuan saya, untuk lebih lengkap dan daftar cattery ICA bisa menghubungi organisasi ICA http://www.ica.or.id/mainpage.htm ,  sedangkan untuk cattery CFA di Indonesia anda dapat mengunjungi  http://cfsi.webs.com/catteryindonesia.htm , untuk  CFA http://www.cfa.org dan untuk TICA  kunjungi http://www.tica.org/


Membeli kucing dari Peternak  Luar negeri
Karena mahalnya Biaya Kirim dan pajak Import untuk Kucing, Saya anjurkan sebaiknya anda beli dari peternak dalam negeri kecuali anda tidak menemukan profil dan warna yang anda sukai,  mencari ras yang tidak ada di Indonesia, atau ingin menambah blood line baru untuk program breeding anda.
Bila anda ingin membeli kucing dari Luar Negeri, anda bisa mencarinya melalui google dan langsung menghubungi breedernya melalui email, yang menjadi kendala adalah persyaratan dan peraturan  Import di Indonesia yang harus di ikuti.Bila anda tidak ingin repot untuk pengurusan di Pabean dan karantina, anda bisa meminta bantuan dari Agent atau membeli stok kucing import dari Agent di Indonesia.

Sama seperti bidang yang lain, Peternak ada yang baik dan ada yang tidak Baik, begitu juga breeder di Indonesia dan Luar Negeri, untuk mengetahui hal tersebut mintalah referensi dari orang yang anda kenal tentang cattery yang akan melakukan transaksi dengan anda.

Dari pengalaman beberapa teman ada yang pernah mengirim USD 4000 ke Amerika tetapi kucing tidak datang, selain itu ada juga yang mengirim uang USD 10 000 untuk 2 Kucing yang datang hanya 1, atau  kasus lain kucing yang dikirim berbeda dengan gambar. Tentunya Tidak semua seperti itu , ada juga yang memegang komitment dengan baik. bila anda memerlukan  informasi/referensi untuk membeli kucing dari Luar Negeri anda dapat menghubungi saya, karena kebetulan saya banyak membantu teman untuk mengurus import kucing. dan Saya mempunyai daftar cattery nakal di International.


Bila anda membaca dari halaman perkenalan akan lebih berurutan ceritanya.
Bila anda ingin berdiskusi "Sukses Beternak Kucing Ras" di FB begabunglah di group : http://www.facebook.com/groups/302144356550322/
Peternakan kucing Persia & Exotic : www.chandracattery.com
Peternakan kucing scotish fold : www.chandrafold.webs.com
             
  Ingin selalu update informasi terbaru di blog ini, jadilah member

0 komentar em “Dimana tempat untuk membeli Kucing ?”

Posting Komentar

 

MAJU JAYA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger