Warung Bebas

Kamis, 15 September 2011

Bagaimana memilih Kwalitas Kucing yang sesuai untuk kebutuhan saya ?


Halaman 4
oleh : Cacang Effendi


Sebelum anda memutuskan untuk mencari kwalitas kucing yang akan anda beli, sebaiknya andapun menjawab pertanyaan sbb :
1. berapa dana/ budget yang akan anda pakai untuk membeli Kucing ?
2.  Apa tujuan anda membeli Kucing.
Pertanyaan ini sering saya tanyakan kepada calon pembeli yang menghubungi saya atau menanyakan harga, ada yang tersinggung dan ada juga yang dapat menerima dengan baik pertanyaan saya tersebut.
Dengan Mengetahui budget/ anggaran yang akan dipakai serta tujuannya, saya akan dapat mengarahkan Calon Pembeli tentang ketersediaan stok, dan kwalitas kucing yang tepat untuk  orang tersebut.


Secara umum para breeder mengklasifikasikan kwalitas anakan kucing dalam  3 - 4  kategori sebagai Berikut 
untuk 3 categori :
1. Show quality
2. show -breed quality
3. Pet quality

ada Juga yang 4 category:
1. Top Show Quality
2. Show Quality
3. Breed Quality
4. Pet
Saya sendiri memakai sistem 4 category untuk Kucing Persia dan exotic, sedang diluar ras itu saya memakai 3 category, karena keragaman kwalitas di persia dan exotic lebih banyak ragamnya dari ras lain. tentunya masing2 peternak mempunyai batasan sendiri untuk kwalitas anakan kucing yang di hasilkan.

Untuk Kucing Persia & Exotic.

1. Top Show quality : Kucing mempunyai profile sesuai dengan standart ras nya
Untuk Persia Misalnya :
Bentuk muka, kepala , badan



standart kucing persia


gambar diatas merupakan contoh kucing persia top show quality

Bila di show kan kucing dengan penampilan seperti diatas akan mudah sekali mendapat Gelar Grand Champion (GC) atau diatasnya Misalnya Regional/Divisional winner atau bahkan National Winner.
Di CFA gelar GC didapat dengan mengalahkan 200 Peserta  atau 75 Peserta di Asia/latin amerika Division.

2. Show quality : dibawah kwalitas kucing diatas, misalnya genetic bulu yang kurang tebal, break hidung sedikit dibawah sejajar, dan bila di show kan akan mendapat gelar Champion

3. Breed quality : Mempunyai standart show quality dg  silsilah keturunan yang jelas, tidak dapat di showkan karena dalam pertumbuhannya mengalami kecelakaan misalnya mata kecakar, buntut terjepit sehingga mengakibatkan cacat , yang bukan disebabkan oleh faktor genetik, sehingga bila di kawinkan, keturunannya tidak mengalami cacat genetik juga.

4 . Pet quality : Kucing- kucing yang lahir tidak sesuai dengan standart ras 
Kucing pet quality bila dipakai breeding keturunanya akan mempunyai cacat bawaan sehingga tidak sesuai dengan tujuan dasar breeding yaitu meningkatkan kwalitas kucing yang di ternakan. di Luar negeri kucing yang tergolong Pet quality, umumnya di steril dan tidak dipakai untuk Breeding.

Untuk mendapatkan kucing Top show quality sangat sulit , Berdasarkan pengalaman pribadi untuk mendapatkan kucing yang benar2 top show quality, tentunya dari indukan yang berkwalitas top show atau show quality , dari kelahiran 20 ekor mungkin baru bisa didapat 1 yang top show quality, jadi tidak aneh kalau breeder di luar negeri  atau di Indonesia menjual anakan kucing yang berkwalitas top show dengan harga diatas Rp  25 jt,
sedangkan untuk show quality umumnya dijual antara Rp 10 - 25 jt, breed quality  Rp  5 - 10 jt dan pet quality dibawah Rp 5 jt. 
Apakah harga tersebut mahal ? ya mahal bila dilihat dari angka, tetapi bila dilihat proses untuk mendapatkan kucing top show quality, saya rasa angka tersebut masuk akal.

Sering saya mendengar pernyataan  ; 
" wow mahal sekali seharga motor "
Jawaban saya : Benar , bila anda masih perlu motor, lebih baik beli motor dulu. nanti kalau sudah punya motor baru beli kucing mahal.

"Kok Stoknya cuma 1 ekor"
Jawaban saya : Ya kucing tidak bisa di cetak, kalau indukannya hanya melahirkan 1 , hanya 1 yang available.

"Ada kucing Medium"
Jawaban saya : Maaf saya tidak mengerti maksud medium , kalau memang kucing hidungnya jauh dibawah standart ras persia/exotic saya bilang kucing mancung. dan saya jual sebagai Pet.

Kesimpulan : Dengan mengerti tujuan , Budget anda  dan kriteria kwalitas serta harga kucing, anda bisa menanyakan ke breeder tentang  pilihan anda.

bila anda membaca dari halaman perkenalan akan lebih berurutan ceritanya.
Bila anda ingin berdiskusi "Sukses Beternak Kucing Ras" di FB begabunglah di group : http://www.facebook.com/groups/302144356550322/
Peternakan kucing Persia & Exotic www.chandracattery.com
Peternakan kucing Maine coon www.brightlunar.webs.com

0 komentar em “Bagaimana memilih Kwalitas Kucing yang sesuai untuk kebutuhan saya ?”

Posting Komentar

 

MAJU JAYA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger