Warung Bebas

Kamis, 15 September 2011

Kenapa Ingin Pelihara Kucing ?

Halaman 2
oleh : Cacang Effendi

Sebelum kita memutuskan untuk memelihara kucing, mungkin tanya balik ke diri kita sendiri, Kenapa ?
Dari pertemuan dengan orang yang mengunjungi cattery kami ada berbagai alasan orang untuk memelihara kucing.
1. Permintaan anak.
2. Hobby pelihara binatang, jadi koleksi binatang.
3. Senang anjing tetapi karena faktor agama, Jadi Pelihara Kucing.
4. Ikut trend karena sering lihat di TV dan Lucu.
5. Peluang Bisnis.
6. Dari kecil sudah sayang Kucing.
7. Kucing adalah hewan kesayangan nabi, Jadi ikut jejak Nabi.
8. Rasanya setelah Pelihara Kucing, rejeki jadi bertambah.
9. Dan Lain - lain.

dari pembicaraan dengan teman2 pemelihara Kucing , hal2 tersebut diatas banyak di jadikan alasan untuk memelihara kucing. Semua sah2 saja, tidak ada yang salah karena semua individu mempunyai hak dan kebebasan untuk menentukan jalan hidupnya sendiri.
Saya sendiri awal mulanya hanya senang dengan kelucuan dari kucing dan ingin memelihara Kucing, jadi mulailah saya melirik kucing sebagai peliharaan saya. Pada tahun 2003, Yang pelihara kucing masih sedikit, hanya ibu rumah tangga dan kebanyakan saat itu masih ras persia yang hidungnya mancung, indukan umumnya di Import dari Hungaria dan Australia. Saya mulai mempelajari tentang ras kucing dan membaca literatur dari Buku dan Internet, saya membeli sepasang kucing Persia lokal, ikut klub lokal, bergaul dengan peternak kucing, ikut lomba lokal, kemudian mulai mengimport kucing dari Australia dan Rusia, serta membantu mengimport kucing untuk teman2 yang ingin mempunyai kucing Import yang akhirnya menjadi keterusan membantu import kucing untuk teman2 sampai sekarang ini, dari data yang tercatat hampir 1000 ekor kucing yang masuk ke Indonesia dari tahun 2003 - sekarang, dan sekitar 70 - 80 % kami yang bantu importnya.



Apakah memelihara Kucing Menguntungkan ?
Jawabannya : ada yang untung dan Rugi. Seperti berbagai bidang bisnis yang lain, kalau hobby di jadikan bisnis pasti ada untung ruginya , itulah bisnis. Banyak teman 2 yang sukses dari Ternak Kucing dan tidak sedikit Juga yang bangkrut karena bisnis kucing.

Kami sendiri mengawali ternak kucing dari kecintaan terhadap binatang, seperti Hobby lainnya ternyata kecintaan terhadap kucing tidak murah, biayanya tinggi dan merupakan extra biaya bagi pengeluaran sehari - hari. Untuk menutupi biaya tersebut, kami terpaksa mencari tambahan dana untuk membiayai hobi yang tidak murah tersebut dengan membantu teman2 mengurusi import kucing dari luar negeri, serta mulai membiakan kucing2 yang tersisa dari Import, sehingga mulailah kami menjadi peternak kucing dan cattery, Kami menjual anakan kucing , dan penghasilan dari menjual anakan tersebut kami kumpulkan untuk memperbaiki kwalitas kucing yang kami ternakan serta kwalitas pemeliharaan serta sarana untuk kucing, tanpa menjual anakan kucing ( Dagang/Bisnis) sangat sulit  untuk meningkatkan mutu / kwalitas kucing yang kita pelihara. Karena tidak selamanya orang mempunyai uang untuk hobby nya dan sepert kita tahu rejeki itu kadang dapat kadang tidak, jadi untuk menutupi hobby yang tidak murah ini , kita harus mencari jalan untuk mendapatkan dana bagi Hobby kita.

Pada saat kami mulai menjadi Breeder, saya disuruh pilih oleh pengurus organisasi lokal, menjadi breeder atau menjadi pedagang, Pada saat itu saya memilih menjadi pedagang , dan keluarlah saya dari organisasi lokal, sebenarnya keputusan itu saya ambil untuk mengejek pengurus tersebut, karena mereka juga menjual anakan kucing atau induk kucing import mereka , kalau tidak punya uang untuk membiaya kucing2 mereka, anehnya mereka tidak mau disebut pedagang. jadi menjual anak kucing disebut apa dong ? ha ha itulah politik di dunia Perkucingan .
Terima kasihnya saat ini beberapa orang dari pengurus tsb  yang sudah tidak aktif lagi memelihara kucing, ada yang sudah bosan, bangkrut, dll, dan kami yang disebut pedagang malah sudah mengembangkan ras2 baru.
Kenapa ? hanya Allah yang maha kuasa yang tahu.

Oleh karena pengalaman itu saya hanya mengingatkan bahwa Untuk Pelihara kucing perlu Biaya extra dan tidak mudah , jadi siapkan biaya tambahan untuk memelihara kucing, Bila anda sudah siap dan benar2 menyayangi kucing, rejeki anda akan datang. biarkan seperti air mengalir di Sungai, ikutin jalan, bila harus lurus jalan lah lurus, tetapi pada saat ada karang/ batu di sungai menghindarlah. Selamat memelihara Kucing.

Selanjutnya baca :

Kucing ras apa yang Cocok untuk Saya ?

bila anda membaca dari halaman perkenalan akan lebih berurutan ceritanya.

Bila anda ingin berdiskusi "Sukses Beternak Kucing Ras" di FB begabunglah di group : http://www.facebook.com/groups/302144356550322/
Peternakan kucing Persia & Exotic www.chandracattery.com
Peternakan kucing Maine coon www.brightlunar.webs.com

0 komentar em “Kenapa Ingin Pelihara Kucing ?”

Posting Komentar

 

MAJU JAYA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger